Kabar KampusKanan-Slider

Retret STT GKE Tahun 2024

Sabtu, 24 Mei 2024 bertempat di Pantai Turki, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, telah dilaksanakan kegiatan retret STT GKE Tahun 2024. Pemilihan pantai sebagai tempat retret tahun ini karena pantai memberikan ketenangan tersendiri sehingga dapat membantu peserta untuk memusatkan dan menenangkan pikiran serta mencapai keadaan meditatif yang mendalam. Tema retret tahun 2024 ini adalah “menguatkan komitmen, memperkuat persaudaraan”. Tema ini ditetapkan dengan harapan peserta dapat mengingat dan memperkuat komitmen yang sudah dibangun di awal sehingga dapat menyelesaikan tanggung jawab di STT GKE sampai tuntas. Selain itu, harapan yang terkandung melalui tema ini adalah munculnya rasa persaudaraan sebagai keluarga besar STT GKE. Segala perbedaan yang ada tidak menjadi penghalang untuk dapat menjalin rasa persaudaraan antara satu dengan yang lainnya.

Kegiatan retret STT GKE tahun 2024 diikuti oleh semua mahasiswa dan dosen STT GKE. Rombongan berangkat bersama-sama dengan menggunakan bus pada pukul 05.00 WITA. Adapun perjalanan dari Banjarmasin menuju ke tempat retret sekitar tiga jam perjalanan. Kegiatan retret diisi dengan ibadah bersama, refleksi dan komitmen diri, aktivitas bersama/lomba per-angkatan, serta bakti sosial. Terdapat lima kelompok besar mahasiswa yang dibagi per-angkatan. Setiap Angkatan didampingi oleh dua orang dosen pendamping sekaligus sebagai pemateri dalam sesi refleksi dan komitmen diri. Sesuai dengan jadwal, seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 17.00 WITA. Setelah bersiap-siap, kemudian seluruh rombongan kembali ke Banjarmasin.

Retret merupakan kegiatan menata kembali makna dan tujuan hidup seseorang dengan menarik diri dari keramaian ataupun rutinitas keseharian. Hal ini bersesuaian dengan arti kata retret itu sendiri yakni mengundurkan diri, memproses atau mengolah kembali. Semoga dengan sejenak mengundurkan diri ini dapat membawa mahasiswa STT GKE untuk saling memaknai dan mempererat persaudaraan serta menguatkan kembali komitmen dalam berkuliah di STT GKE.

Bagikan tulisan ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published.